Dikutip dari detik.oto , Jakarta – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi mengalami kenaikan. Mulai pukul 11.00 WIB hari ini, harga BBM non subsidi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dinaikkan oleh Pertamina.

Harga Pertamax naik Rp 900 menjadi Rp 10.400/liter, Pertamax Turbo Rp 12.250/ liter, Pertamina Dex Rp 11.850/liter, Dexlite Rp 10.500/liter, dan Biosolar Non PSO Rp.9.800/liter.

Pertamina terpaksa menaikkan harga BBM non subsidi dengan alasan harga minyak mentah yang terus naik.

“Saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus USD 80 per barel,” kata External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita.

Harga BBM yang naik pasti bikin pengeluaran membengkak. Nah biar jadi gambaran berapa pengeluaran Anda, berikut data konsumsi BBM mobil populer seperti Avanza cs yang pernah kami tes sebelumnya.

Transmisi Otomatis

Honda Mobilio 17,05 km per liter
– Mitsubishi Xpander 16 km per liter
– Avanza 12,5 km per liter
– Daihatsu Xenia 11,8 km per liter
– Suzuki Ertiga 11 km per liter

Transmisi manual:

– Wuling Confero 25,4 km per liter

Mobil-mobil di atas kami coba konsumsi BBM-nya dengan cara menguras habis tangki, kemudian mobil diisi dengan 1 liter bensin saja.

Kami juga pernah mengetes konsumsi BBM namun dengan mengandalkan tampilan informasi MID, angka ini memang pasti bakal bervariasi. Namun sebagai gambaran, Toyota Rush terbaru di layar MIDnya bisa membukukan angka konsumsi BBM 8,7 km per liter.

Sebagai perbandingan dalam catatan TAM, Rush model baru untuk tipe TRD dalam kondisi macet membukukan 11,3 km per liter, di jalanan luar kota atau highway 23 km per liter, jadi average mencapai 19,4 km per liter.

Sementara mobil Toyota Sienta dari catatan MID yang dibukukan detikOto mencapai rata-rata konsumsi BBM 9 km per liter. Nah dengan mengetahui angka konsumsi BBM, pengeluaran BBM anda bisa diperkirakan ya? Tapi ingat ya data ini biasanya bervariasi tergantung kaki pengemudi.

Ada anekdot yang beredar di kalangan pengguna mobil, istilahnya kalau kaki pengendara sudah sekolah, konsumsi BBM-nya pasti bagus.