Dikutip dari Autonetmagz.com, Rupanya pembukaan tahun 2019 disikapi dengan perang sedan Jepang. Pada GIIAS2018 kemarin, Mazda langsung menelurkan Mazda 6 baru, tentu saja lengkap denganpilihan tipe sedan atau estate. Hari Selasa (8/1) kemarin, giliran ToyotaIndonesia yang melakukan peluncuran pertama di 2019 dengan hadirnya ToyotaCamry 2019. Nissan? Pfftt… Nah, Toyota dan Mazda sudah bergerak, Honda apakabar?

Usut punya usut, rupanya Honda Indonesia juga tidak tinggal diam dalam mengurus sedannya. Setelah kelar dengan hadirnya City dan Civic Turbo, sekarang tinggal Honda Accord yang dapat giliran. Benar saja, di halaman Samsat Pajak Kendaraan Bermotor Jakarta, terdeteksi daftar nama Honda Accord 1.5TC EL CVT yang sudah terdaftar di Nilai Jual Kendaraan Bermotor alias NJKB. Lalu, berapa angkanya?

Harga Honda Accord yang tertera di NJKB tersebut adalah 538juta Rupiah, tapi bukan di situ yang menarik. Kami fokus pada kode 1.5 TC CVT,di mana ini bisa saja menunjukkan kalau Honda Accord Turbo terbaru nanti bakalmenggendong mesin 1.500 cc 4 silinder turbo layaknya Honda Civic Turbo dan CR-VTurbo. Soal output, Honda Accord Turbo bermesin 1.500 cc tersebut punya tenagadan torsi 192 hp dan 260 Nm.

Andaikan Mazda Indonesia yang diwakili Eurokars tidak menghadirkan Mazda 6 bermesin SkyActiv Turbo seperti milik CX-9, bisa jadi Honda Accord adalah satu-satunya di kelasnya yang pakai turbo. Jelas juga bahwa kode CVT berarti Honda Accord Turbo akan pakai CVT, sama halnya seperti sebagian besar Honda baru lain yang ada di sini.

Padahal awalnya kami harap varian Honda Accord Turbo yangbermesin 2.000 cc turbo yang dipasarkan di sini. Mobil itu memakai basis mesinHonda Civic Type R, namun dengan tenaga 252 hp yang jelas lebih kecil.Transmisinya pun menggiurkan, sebab ia pakai girboks otomatis 10 percepatan.Yah, masih ada kemungkinan, tunggu saja sampai mobilnya muncul. Apa opinimu?Sampaikan di kolom komentar!