Dikutip dari detikoto.com , Jakarta – Honda Prospect Motor (HPM) tak hanya menyajikan mobil-mobil baru atau konsep. Pabrikan asal Jepang ini juga meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 dengan menampilkan mobil balap Honda NSX GT3.

Mobil balap Honda NSX GT3 ini dipamerkan selama IIMS 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Honda NSX GT3 telah meraih gelar juara di ajang balap Detroit Grand Prix.

“Mobil dengan desain yang sporty dan kencang di lintasan balap telah menjadi DNA Honda selama bertahun-tahun, sehingga melalui pameran ini kami ingin mengajak pengunjung mengenal lebih dekat salah satu mobil balap kami yakni Honda NSX GT3. Pengunjung juga dapat mencoba simulasi berkendara Honda NSX GT3 melalui virtual reality untuk merasakan pengalaman balap yang menyenangkan,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, Jonfis Fandy.

Honda NSX GT3 dirancang oleh tim Honda R&D Jepang yang berkolaborasi dengan JAS Motorsport dari Milan, Italia. Honda Performance Development juga dilibatkan dalam pengembangan mobil balap ini.

Proses riset dan pengembangan untuk menciptakan mobil balap berperforma tinggi tersebut dilakukan hingga akhir 2015 dengan melakukan pengetesan hingga menempuh jarak 85.000 km. Perancangannya dilakukan di Jepang dan Eropa, kemudian dirakit di Italia untuk kemudian diuji dalam lintasan balap di Santa Clarita, California.

Setelah mendapat sertifikasi dari penyelenggara balap dunia Federation Internationale de I’Automobile (FIA), Honda NSX GT3 mulai memasuki kompetisi balap GT3 di Amerika Utara. Mobil ini menggendong mesin 3.5L Twin-Turbocharged V6 yang dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan dari FIA.

Mesin dikombinasikan dengan transmisi XTRAC semi otomatis 6 percepatan yang mengirimkan daya ke penggerak roda belakang. Mesin balap NSX GT3 juga menggunakan spesifikasi yang sama dengan NSX meliputi block, heads, valve train, crankshaft, piston dan dry-sump lubrication system.

Honda NSX GT3 hadir dengan dimensi bodi yang lebar dan rendah untuk meminimalisir pusat gravitasi dan memaksimalkan kecepatan aerodinamis. Secara dimensi, Mobil ini memiliki berat 1.240 kg dengan panjang 4.612 mm dan lebar 2.040 mm dengan sasis berbahan dasar aluminium yang kokoh dan ringan untuk mendukung keselamatan dan performa di lintasan balap. Selain itu, Honda NSX GT3 dilengkapi saluran udara yang lebih besar dibagian depan, bawah dan belakang bodi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal.

Untuk mendukung pengendara dalam merasakan pengalaman balap yang maksimal, Honda NSX GT3 telah memperoleh izin balap di lebih dari dua lusin kompetisi balap yang diadakan FIA di seluruh dunia, di antaranya yaitu GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class dan Pirelli World Challenge. Sebelumnya, Honda NSX GT3 telah memimpin di kelasnya pada ajang balap 24 Hours of Daytona dan memenangkan Grand Prix of Detroit, serta di ajang Six Hours of Watkins Glen.

Di musim balap pertama 2018, Honda NSX GT3 mulai diproduksi sebanyak 12 unit untuk para pecinta mobil balap di seluruh dunia. Mobil tersebut akan dipasarkan di Eropa, Asia dan Amerika Selatan di bawah naungan JAS Motorsport, sedangkan pemasaran di wilayah Amerika Utara akan dilakukan oleh Honda Performance Development (HPD) dan di wilayah Jepang dilakukan oleh Mugen. (rgr/ddn)