Tak terasa gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan segera bergulir, padahal sepertinya baru kemarin gelaran GIIAS 2017 dengan bintang-bintang seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Confero dan Toyota Voxy dihelat. Nah, tentunya sebagai pecinta otomotif, maka gelaran satu ini adalah gelaran yang akan sayang jikalau kalain lewatkan, apalagi jikalau kalian ada di kawasan Jabodetabek.

Nah, oleh karena itu, bagi kalian yang antusias, maka hadir ke gelaran GIIAS 2018 adalah sebuah momen tersendiri yang memang akan memberikan nuansa dan pengalaman yang baru, termasuk melihat dan berinteraksi langsung dengan mobil-mobil baru maupun mobil konsep yang akan dibawa oleh masing-masing APM ke gelaran ini.

Lalu, jikalau kalian ingin hadir ke GIIAS 2018, apa saja hal yang harus kalian persiapkan? Bagi kalian yang sudah mengikuti gelaran ini dari tahun – tahun sebelumnya, maka jelas kalian tak akan kesusahan. Namun bagi mereka yang baru pertama kali hadir di gelaran ini, kalian bisa simak 7 tips yang bisa kalian lakukan untuk menghadiri gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun ini. Ada beberap informasi yang tentunya berbeda dari tahun ke tahun, yang membuat kami dan tim redaksi selalu tertarik untuk membuat informasi penting ini, Yuk kita bahas satu per satu.

1. Pahami Jadwal Pameran & Harga Tiketnya : Harga Tiket Naik!

Nah, bagian ini adalah langkah awal bagi kalian yang akan mampir ke Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, karena tentunya kalian harus mencatat tanggal dan juga jam penyelenggaraan dari gelaran ini. Jadi, GIIAS 2018 akan diselenggarakan mulai tanggal 2 Agustus 2018 ini, dan akan mengambil tempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, BSD Green Boulevard, BSD City, Tangerang, Banten.

Hari pertama adalah hari yang spesial, karena khusus untuk para Media dan pemegang tiket VIP. Hari pertama sendiri baru dibuka untuk umum mulai jam 5 sore hingga jam 9 malam dengan harga tiket VIP mencapai 200 ribu Rupiah. Sedangkan hari kedua hingga penutupan, pihak GIIAS membuka acara ini sejak pukul 11.00 untuk weekdays dan pukul 10.00 untuk weekend. Harga dari tiket di weekdays adalah 50 ribu, dan 100 ribu di weekend. Kalau ingin tiket gratis, cek akun media sosial para APM, biasanya mereka ada kuis berhadiah tiket GIIAS 2018 gratis.

2. Ketahui Denah Pameran : Malu Bertanya, Sesat di GIIAS 2018

Tentunya kalian tahu jikalau ICE BSD adalah salah satu venue terbesar untuk pameran di tanah air, dan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 menggunakan area yang sangat luas. Oleh karenanya, kalian perlu memahami tata letak dari pameran ini, apalagi jikalau kalian punya tujuan khusus untuk melihat salah satu ataupun beberapa booth tertentu.

Nah, kalian bisa memahami tata letak dari booth – booth di GIIAS 2018 dengan melihat denah dari floorplan. Nah, berhubung gambar yang kami lampirkan hanya menunjukkan garis besar dari denah dan tak bisa memuat detail yang jelas, kalian bisa mengakses file PDF dari denah booth GIIAS 2018 di sini.

3. Kenali Para Ekshibitor : Mobil Baru hingga Promo Spesial

Menghadiri sebuah pameran sekelas Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) jelas salah satunya adalah untuk melihat – lihat apa yang dipamerkan oleh para ekshibitor. Nah, penting bagi kalian untuk mengetahui pihak – pihak mana saja yang menjadi ekshibitor di GIIAS tahun ini. Dari segmen passenger car, ada nama BMW, Mini, Mercedes-Benz, Audi, VW, Lexus, Renault, DFSK, Mazda, Wuling, Isuzu, Chevrolet, Hyundai, Daihatsu, Toyota, Suzuki, Nissan, Datsun, Mitsubishi, dan Honda.

Sedangkan dari segmen komersial ada Tata, Isuzu, FAW, Kemenperin, Laksana, UD Trucks, Mitsubishi Fuso, Hino, Adiputro dan Avante. Untuk segmen roda dua, ada beberapa merk seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, Harley-Davidson, Viar, Benelli, KTM, Piaggio, dan BMW Motorrad. Coba gali juga promo apa yang ditawarkan selama GIIAS 2018, sebab biasanya banyak bonus menarik buat mobil, motor dan aksesoris pendukungnya.

4. Bekali Diri : Powerbank, Makanan & Minuman, Koneksi Internetmu Harus Pol!

Nah, jikalau kalian sudah tahu para ekshibitor, dan juga tahu hari apa kalian akan mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, maka yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah melengkapi diri kalian. Dengan apa? Dengan apa yang kalian butuhkan. Gelaran semacam GIIAS jelas berbeda dengan pameran mobil di mall-mall, sehingga ada banyak kendaraan eksotis yang akan kalian temukan.

Sayang jikalau kalian tak mengabadikan momen kalian dengan kendaraan tersebut menggunakan kamera, baik kamera smartphone, kamera DSLR, Mirrorless ataupun kamera apapun. Pastikan memori sudah dikosongkan supaya bisa memotret sepuasnya. Selain itu, kalian juga bisa memperlengkapi diri kalian dengan beberapa hal lain seperti powerbank, air mineral, permen, ataupun apa saja yang mendukung kunjungan kalian ke pameran ini.

Khusus untuk koneksi internet, beberapa provider besar di Indonesia biasanya malah suka kehilangan sinyal internet yang bagus di arena ICE BSD. Untuk itu, coba cari tahu provider apa yang sinyalnya paling kencang dan kuat di arena itu. Jika sudah tahu, coba pakai untuk sementara supaya kalian jadi paling update soal GIIAS 2018. Jika kamu ogah bawa makanan dan minuman sendiri, sebaiknya siapkan kocek lebih, sebab harga makanan dan minuman di arena GIIAS 2018 biasanya agak tinggi dan jarang yang bikin kenyang.

5. Ketahui Lokasi Parkiran & Shuttle Bus : Anti Ribet Ribet Club

Sudah siap semua? Selanjutnya adalah kalian menuju pameran tersebut. Tapi jangan hari ini, karena hari ini pameran belum berlangsung, yang ada kalian akan diusir satpam. Nah, kalau kalian menggunakan kendaraan pribadi, maka penting bagi kalian untuk mengetahui lokasi-lokasi parkir yang disediakan selama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 ini.

Beberapa lokasi parkir yang tersedia adalah di kawasan Edutown yang berada di belakang hall 1 ICE BSD yang hanya berjarak 200 meter, lalu di Froggy Castle yang berjaran 400 meter, Green Office park yang berjarak 1,4 km dan Edutown 2 yang berjarak 500 meter. Untuk Shuttle Bus sendiri ada di beberapa spot seperti Q Big dan The Breeze yang akan berjalan setiap 30 menit, dan di AEON Mall yang berjalan setiap 15 menit. Sedangkan Shuttle dari Rawa Buntu dan Bintaro Xchange akan berjalan setiap 1 jam.

6. Manfaatkan Fasilitas Yang Ada : Ke GIIAS Dibawa Enjoy Aja

Sesampainya kalian di ICE BSD tempat pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, maka kalian bisa langsung menikmati unit-unit display dari kendaraan yang dipamerkan. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Ada beberapa fasilitas selain shuttle bus yang kami jelaskan diatas. Fasilitas tersebut antara lain adalah Food & Beverages Area, smoking area, Musholla (Termasuk Sholat Jumat), Ambulans dan juga layanan kesehatan, Business Center, Auto Playground, Nursery Room, Pool Taxi, Koneksi Internet, Charging Corner, dan juga rental stroller & kursi roda. Nah, kalian bisa manfaatkan fasilitas-fasilitas ini jikalau kalian perlukan. Jika kalian datang sendiri, jangan berharap ada fasilitas tour guide ya.

7. Masa Datang Sendirian? Tengsin Dong…

Nah, menyambung poin di atas, tentunya pameran semacam Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 sangat disayangkan jikalau hanya kalian nikmati sendirian saja. Kalian bisa mengajak orang – orang yang kalian cintai, baik itu orang tua, kakak, adik, sahabat, teman, pacar, teman rasa pacar, ataupun pacar rasa teman. Jikalau kalian tak mempunyai orang yang bisa kalian ajak, mungkin kalian bisa mengajak musuh ataupun tetangga kalian, hitung – hitung silahturahmi.

Nah, apakah kalian tak sabar untuk menghadiri Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018? Kami pun juga. Sampai bertemu di GIIAS 2018 mendatang, kawan. Siapa tahu bertemu.