Dikutip dari AutonetMagz.Com, Masih dari booth Honda prospect Motor (HPM) di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, selain menampilkan sebuah mobil konsep baru bernama Honda Small RS Concept pihak HPM juga menampilkan dua produk jualannya yaitu Honda Mobilio dan Honda BR-V. Namun bukan sembarang Mobilio dan BR-V, karena Honda Mobilio ini adalah Mobilio Special Edition dan Honda BR-V Minor Change.

Oke, kita akan mulai bahas dari Honda Mobilio Special Edition sendiri. Pertama, mobil ini akan mendapatkan beberapa ubahan dari sisi eksterior, dimana grille baru diberikan pada mobil ini, pun begitu dengan velg baru berukuran 15 inci dengan dual tone. Selain itu, mobil ini juga akan mendapatkan garnish pada lampu kabut yang baru, senada dengan pemberian exhaust pipe finisher berwarna krom. Nah, perubahan berikunya terjadi di sisi interior, dimana akhirnya Honda Mobilio mendapatkan sebuah armrest di sisi tengah antara pengemudi dan penumpang depan. Selain itu head unit dari mobil ini juga berubah menjadi 8 inci dengan model floating seperti milik Honda lainnya.

Selain hal – hal yang kami sebutkan tersebut, pada dasarnya tak ada ubahan lain yang berarti dari Honda Mobilio ini. Nah, kita sekarang bergeser ke saudara sebasis dari Honda Mobilio yaitu Honda BR-V. Senada dengan Honda Mobilio, LSUV milik Honda ini juga mendapatkan beberapa ubahan yang positif. Hal ini memang menjadi sebuah keharusan, apalagi pesaing terdekatnya yaitu All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios. Nah, ubahannya sendiri ada pada sisi eksterior, dimana ada new door side garnish yang kami rasa ukurannya agak kelewat besar untuk mobil seukurannya. Beberapa kelengkapan juga diberikan di mobil ini seperti skid plate, roof rail, dan juga antena model sirip hiu. Ubahan berikutnya terjadi di sisi dalam dari mobil ini sendiri.


Di sisi interior, Honda BR-V versi 2018 ini mendapatkan head unit yang lagi – lagi sama seperti saudaranya yaitu Honda Mobilio dan jajaran Honda lainnya, yaitu head unit 8 inci dengan model floating. Lalu untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi , pihak HPM juga memberikan arm rest di antara kursi pengemudi dan penumpang depan dari Honda BR-V versi 2018 ini. Sisanya? Sama seperti Honda Mobilio, hampir tak ada ubahan yang terlalu berarti. Oiya, pihak HPM juga memberikan paket aksesoris Modulo untuk Honda BR-V ini yang bisa dibeli secara terpisah. Aksesoris – aksesoris tersebut antara lain adalah door visor, door mirror garnish, door handle cover, side step garnish, running board, air filter dan kursi ISOFIX untuk anak kecil.


Dengan hadirnya versi penyegaran dari kedua produk dari segmen LMPV dan LSUV ini, menurut kalian apakah nantinya baik Honda Mobilio maupun Honda BR-V bisa bersaing dengan para rival di segmennya masing – masing? yuk sampaikan pendapat kalian kawan.