Dikutip dari Autonetmagz.com, Nampaknya Honda akan memiliki jadwal yang cukup padat di tahun 2019 ini. Pasca beberapa spyshot mengenai Honda Jazz generasi keempat sempat bocor ke publik, kini giliran kabar generasi terbaru Honda City yang terkuak. Sedan kompak ini akan mendapatkan generasi terbaru di tahun 2019 ini, senada dengan saudara dekatnya, Honda Jazz. Dan menariknya, akan ada opsi mesin baru dan juga teknologi baru di sedan kompak terlaris di Indonesia ini.

Mengutip dari laman Gaadi Waadi, Honda City generasi ketujuh ini kabarnya akan muncul pertama kali di Thailand pada penghujung tahun 2019 ini. Kabar ini sesuai dengan perkiraan kemunculan Honda Jazz generasi terbaru yang dikabarkan akan menjalani debut di bulan Oktober 2019 ini. Nah, artinya, keduanya akan diperkenalkan dengan selang waktu yang tak terlalu lama, seperti generasi sebelumnya. FYI, Honda City generasi saat ini yang berkode GM6 ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2013 silam, jadi 6 tahun nampaknya sudah cukup untuk lifespan dari generasi ini.

Nah, di generasi terbarunya, Honda City kabarnya akan menggunakan mesin baru berkubikasi 1.000cc dengan 3 silinder yang dilengkapi dengan teknologi VTEC Turbo dan Dual VTC System. Tahu sendiri kan bagaimana Honda biasanya melakukan tuning pada mesin turbonya, jadi tak terlalu mengejutkan saat sumber menyebutkan bahwa torsi mobil ini mencapai 200 Nm alias setara mesin 2.000cc. Torsi tersebut dikabarkan akan ada di rentang putaran mesin 2.000 hingga 4.500 rpm. Selain itu, Honda City terbaru juga akan menggunakan teknologi mild hybrid yang dipadaukan dengan mesin bensin 1.500cc.

Perpaduan mesin 1.500cc dengan dua buah motor listrik akan menjadi opsi khusus bagi mereka yang ingin lebih ramah lingkungan. Untuk varian ini, kabarnya akan ada 2 opsi transmisi, yaitu 6 percepatan manual, dan otomatis dengan model CVT yang sudah dirombak ulang oleh pihak Honda. Nah, belum jelas mengapa pihak Honda memilih Thailand untuk peluncuran mobil ini, namun nampaknya Negara Gajah Putih tersebut memang menjadi salah satu pusat pengembangan R&D sedan kompak untuk pasar Asia, dimana salah satunya adalah Honda Amaze terbaru.

Kita nantikan saja seperti apa sosok Honda City generasi ketujuh ini. Namun sedikit banyak, kita sudah bisa menebak bahwa styling sedan kompak ini akan banyak terinspirasi oleh dua kakaknya, yaitu Honda Accord dan Honda Civic. Jadi, besar kemungkinan desain mobil ini tak akan jauh dari kedua kakaknya tersebut. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?